Sabtu, 18 Februari 2012

THE BLIND SIDE (2009)



Cast : Sandra Bullock, Quinton Aaron, Tim McGraw
Directed by John Lee Hancock

 "Apa artinya menjadi anak angkat ?,
Artinya, "kamu tumbuh didalam hati ibu kamu, bukan dalam perutnya"
       
From The Best of Bits & Pieces


 





         Di sebuah malam yang dingin, Anne tuohy ( sandra bullock ) berkendara didalam mobilnya yang nyaman bersama suaminya sean dan dua anaknya, Collin dan SJ.Tiba-tiba di tengah jalan, di tengah kegelapan,terlihat sebuah sosok raksasa berjalan sambil menggigil kedinginan.Sosok itu adalah Michael Oher, anak smu pendiam yang tak mempunyai teman, selalu berjalan sendirian kemanapun dia pergi (bahkan anak kecil di taman bermain pun takut padanya), hanya SJ saja yang dasarnya adalah anak talkative yang mau menegurnya.
         Big Mike malam itu sedang dalam perjalanannya menuju Gym sekolahan, mengapa ? Karena disitulah dia ingin menghangatkan badan ( dan mungkin hatinya ).Anne yg melihat itu, entah mengapa merasa iba, dan sesaat kemudian, mengikuti bisikan hatinya dan memanggil Mike untuk memberinya tempat bermalam di sofa di rumahnya.
        Esok paginya, karena tidak ingin merepotkan,Mike memutuskan untuk pergi dari rumah tanpa pamitan, namun Anne memanggilnya dan mengajaknya untuk sarapan, dan kemudian siangnya anne mengajak Mike untuk membeli beberapa pasang pakaian baru untuk dipakai.Dari sini, hubungan antara keluarga ini dengan Mike terus berlanjut. Mike yang berasal dari lingkungan kumuh kemudian diangkat anak dan dididik oleh keluarga baru ini (khususnya oleh anna).Kelak, dengan bakatnya yang luar biasa dalam bidang olahraga, Mike akhirnya menjadi "seseorang".
       Seperti sebuah cerita dongeng bukan ? "Seekor" itik buruk rupa berkulit hitam, diangkat anak oleh sebuah keluarga kulit putih, dididik, dan akhirnya menjadi Itik emas.Terlalu indah untuk menjadi kenyataan ? Ohhh..Jangan salah, karena ini adalah kisah nyata.. Michael Oher adalah seorang superstar american football..dan keluarga Tuohy benar-benar adalah keluarga yang mengangkat Michael dari lingkungan kumuhnya dan kemudian "mengantarkannya" menuju tempat yang lebih baik.
       Tidak ada bintang yang lebih bersinar lagi selain sang ibu , Anne tuohy, yang diperankan dengan sangat brilian oleh Sandra Bullock ( congrats for your oscar ms bullock ).seorang ibu dengan watak dan kepribadian keras dan tegas dalam membela prinsip, namun mempunyai hati yang lembut dan penuh kasih.Duetnya dengan quinton aaron ( big mike ), di topang oleh si tengil SJ membawa film ini dalam nuansa kehangatan keluarga yang kental.Anggota keluarga yang lain,Sean (sang suami) dan Collin, walau perannya tidak menonjol,juga ikut memberikan kontribusi bagaimana mereka pelan-pelan bisa menerima kehadiran Mike menjadi bagian dari keluarga mereka.
       Film ini adalah sebuah film "easy watching".Semua nya disampaikan dengan tutur adegan yang sederhana dan mengalir apa adanya.Penonton diajak untuk ikut menikmati dan merasakan perjalanan Mike untuk menjadi bagian dari keluarga Tuohy.Bagaimana walau Anne melakukan semuanya dengan ketulusan hati, namun tidak menjamin semuanya akan berjalan dengan mulus, akan selalu ada batu sandungan yang harus mereka lalui, dan ada saat-saatnya bahkan dia sendiri kehilangan kepercayaan kepada dirinya sendiri.Mike sendiri juga mengalami hal yang sama, ketika keyakinan nya bahwa "sang ibu" tidak benar-benar mencintai dirinya, dia berada dipersimpangan jalan untuk memutuskan kemana arah hidupnya.
      Selebihnya, sejarah yang berbicara, bagaimana akhirnya kisah si itik buruk rupa ini akhirnya berujung.Mungkin pesan yang ingin disampaikan oleh film ini adalah bahwa KASIH itu tidak mengenal Ras dan Agama, Ia tumbuh dari dalam hati,  dan ketika ia tumbuh semakin kuat, ia akan dapat diandalkan untuk menjadi sandaran melawan segala rintangan.

Tidak ada komentar: