Minggu, 12 Februari 2012

THE ADJUSMENT BUREAU ( 2011 )



Cast : Matt Damon, Emily Blunt
Director : George Nolfi

Cerita pendek tentang perjalanan memperjuangan cinta melawan takdir yang di balut oleh aroma Sci-fi dan dibingkai oleh Scoring instrumental yang mendayu-dayu.

Free Will vs Destiny
Who’s gonna win ?

          Apakah hidup ini adalah serangkaian jalan setapak yang sudah tergariskan ? ataukah kita bisa memilih jalan kita sendiri ? bila kita mampu memilih, bagaimana bila jalan yang kita pilih tidak disetujui sang empunya pembuat jalan ?
          David Norris ( Matt Damon ) luluh lantak dalam pemilihannya sebagai seorang senator.Ketika dia sedang berlatih untuk pidato kekalahan dan menenangkan diri nya di sebuah toilet ( pria )..tiba-tiba seorang wanita muncul dari dalam bilik toilet tersebut.Sedikit percakapan dengan sang wanita membuat David merubah isi pidatonya dan pertemuan itu ternyata menimbulkan kesan yang sangat dalam di hati David.
          Beberapa waktu kemudian ketika menjalani kehidupan sebagai seorang pemuda biasa, David kembali bertemu dengan wanita tersebut didalam sebuah bis, sang wanita ternyata bernama  Elise ( Emily Blunt ).
       Yang belum diketahui oleh David adalah bahwa dia seharusnya tidak boleh bertemu dengan Elise pagi itu didalam bis, hanya karena kealpaan seorang pria misterius bertopi lah yang membuat David dapat bertemu Elise pagi itu.pria bertopi itu sendiri adalah anggota dari sebuah biro yang bernama Adjusment Bureau ( Biro Penyesuaian ).
       Apakah Adjusment Bureau ini ?, apa tugas mereka di dunia? , kenapa mereka punya kemampuan begitu hebat ?, dan mengapa David dan Elise seharusnya tidak boleh bertemu ?
Pesan Utama film ini adalah tentang perjuangan seseorang  untuk memenuhi panggilan hatinya, Ketika kita  menemukan seseorang yang kita cintai, namun ketika nasib tidak menghendaki kita untuk bersatu, sejauh mana kita akan berjuang untuk melawan takdir.
Ada saat-saat kita ingin melepaskan orang yang kita cintai karena kita merasa bahwa itu yang terbaik untuk dirinya maupun diri kita sendiri, namun jauh dalam lubuk hati kita, kita tidak sebenarnya tidak ingin menyerah karena perasaan kita ketika bersama “dia” terasa begitu indah, dan rasa indah itu seharusnya tidak mungkin salah.Dan disitulah kita diuji untuk terus berjuang ataukah berhenti.
Salah satu yang paling menyenangkan dalam film ini adalah bagaimana setiap scene pertemuan antara David dan Elise dihiasi dengan dialog-dialog lucu dan menggemaskan.Seolah mereka benar-benar diciptakan memang untuk bersama, hanya dengan beberapa menit percakapan, mereka bisa merasakan betapa dekatnya hati mereka.
          Lupakan semua logika ketika menonton film ini, jangan tanyakan bagaimana dan mengapa dalam mengikuti plot film ini, karena akan ada banyak plot hole yang terlihat.
Saran saya, ikuti seperti yang saya lakukan, ikuti  dengan tulus (cailee) perjuangan David untuk mempersatukan dirinya dengan Elise melawan semua rintangan dari para Agen, dan kalian akan menikmati film ini.
    

Tidak ada komentar: