Rabu, 01 Februari 2012

3 IDIOTS ( 2009 )






Genre : Drama Comedy
Cast : Amiir Khan,R.madhavan, Raju Rastogi


Apa sih sebenarnya yang paling penting dalam hidup ? karier ? uang ? ketenaran ? atau hati ?

Saya yakin semua orang akan menjawab sepakat dengan satu kata “HATI “…

Pertanyaannya berikutnya adalah : apakah benar bahwa kita menjalani hidup sesuai dengan kata hati kita ? ataukah ”hati” hanyalah sebuah jargon belaka yang kita katakan terus kepada setiap orang yang kita temui hanya agar kita terlihat bahagia dan bijaksana ?
Dalam kenyataan hidup kita justru menaruh kata hati di urutan paling akhir dibelakang karier,uang dan ketenaran..
Berapa banyak kah manusia di dunia ini yang hidup berani menuruti kata hati mereka dan membiarkan dunia men cap mereka dengan kata..” IDIOT ”???
Farhan Qureshi (R.madhavan) dan Raju rastogi ( Sharman joshi ) ..terbangun di suatu pagi karena ada nya panggilan telefon dari teman lama mereka Chatur Ramalingan (omi) yang berkata bahwa dia mengetahui tentang keberadaan teman lama mereka yang bernama ”Ranchodas Chancad ”..serta merta mereka membatalkan semua jadwal kegiatan mereka di hari itu hanya untuk menemui Chatur dan mencari keberadaan Rancho.
Siapa si rancho ini ? mengapa dia menjadi begitu spesial bagi mereka ?
Dari situ cerita mulai bergulir.. baik ke depan (perjalanan mencari rancho ) maupun ke belakang (kembali ke jaman mereka kuliah dulu )
            Farhan adalah seorang anak yang lahir dari keluarga ekonomi medioker, sejak dia lahir jalur hidupnya sudah digariskan..menjadi seorang insinyur teknik..
raju adalah anak yang lahir dari keluarga miskin.. dan menjadi seorang insinyur teknik adalah jalur hidup yang dia punya untuk membawa keluarganya untuk keluar dari jalur kemiskinan..
Rancho ??? ahh..silahkan disaksikan sendiri, karena bila di ceritakan siapa dirinya sama saja dengan merusak kesenangan ketika menonton film ini..
            Mereka bertiga tinggal dalam satu kamar, bersama-sama melalui suka duka mengarungi kehidupan kuliah menuju gelar sarjana, yang farhan dan raju tidak tahu adalah, bahwa pertemanan mereka dengan rancho akan merubah hidup mereka selamanya..
            Film ini jauh melampaui ekspektasi saya ..awalnya saya mengira ini hanyalah sebuah film india biasa yang panjang dengan tangisan yang bertele-tele..namun harus saya aku akui..saya benar2 ikut menangis, tertawa dan akhirnya berdecak kagum ketika selesai menonton film ini.
Begitu banyak pesan hidup yang disampaikan dengan sempurna didalam film ini, dengan cara yang lucu, mengharukan dan yang terutama adalah “tidak menggurui”..
          Apa yang kita kejar dalam hidup ini ? menjalani sebuah profesi yang memberikan janji kemakmuran uang dan kemapanan ? ataukah profesi yang memberikan kepuasan hati ketika melakukannya ?
         Apa yang kita cari ketika kita menuntut ilmu ? sebuah daftar berisi nilai2 yang memuaskan agar kita bisa melamar kerja ? ataukah benar2 mencari detail2 ilmu pengetahuan untuk memuaskan dahaga dari jiwa dan pikiran ?
          Apakah benar adanya hidup ini adalah sebuah perlombaan dimana kita harus saling “makan-memakan” satu sama lain agar bisa hidup ? atau kita bebas untuk menentukan kemana kita akan berjalan,menuruti kata hati dan lepas bebas seperti angin ?

Ahhh...betapa film ini menyampaikan banyak nilai-nilai yang semakin terlupakan dizaman modern ini,ketika semua orang berlomba-lomba untuk menjadi terbaik dimata masyarakat ..tanpa mereka tahu seperti apakah sosok diri mereka yang terbaik..

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Good Review