Selasa, 11 Maret 2014

SERIAL TRUE DETECTIVE (2014) - SEASON 1



Baru saja menayangkan episode final nya untuk season 1 kemarin, True Detective (TD) adalah serial baru yang ditayangkan oleh HBO  yang terkenal mampu menayangkan serial-serial yang berkualitas dan biasanya mendapatkan pujian dari para kritikus.Tak terkecuali TD season 1 ini, yang mendapatkan Hype luar biasa dan penilaian yang sangat positif dari para kritikus (note : Cek rating nya di IMDB ), Memacu banyak sekali teori akan siapa pelaku kejahatannya menjelang season finale nya, dan ditambah lagi kehadiran dua aktor senior Woody harelson dan Mathew Mc cougnaghey ( maaf akan kesalahan penulisan nama – lagi malas ngecek soalnya :d ), apakah benar True Detective adalah salah serial terbaik yang tayang di tahun ini ? well..maybe I have a different opinion.
            Rust ( McCougnahey) dan Marty (Woody harelson) adalah sepasang partner yang sebenarnya telah pensiun dari satuan tugas mereka.Dimana Tugas akhir mereka dulu adalah mengungkap pembunuhan misterius di tahun 1995  dari seorang pelacur bernama Dora lange yang bukan merupakan sebuah pembunuhan biasa karena melibatkan banyak symbol-simbol dan metafora dan sepertinya adalah sebuah pembunuhan untuk memenuhi ritual dari sebuah sekte keagamaan. Masalahnya sekarang Rust dan Mary justru di interogasi oleh dua orang detektif baru yang sepertinya menyimpan sebuah alasan tersembunyi dibalik pengungkapan kasus pembunuhan tersebut.Kini Rust dan Marty harus kembali ke masa lalu mereka dan menceritakan semua hal yang berkaitan dengan kasus misterius tersebut tanpa tahu apa maksud dari interogasi yang dikenakan kepada mereka.
            Simpel ? No..Sebenarnya kisahnya jauh lebih kompleks dari yang saya sebutkan diatas, namun sedikit yang saya ceritakan karena saya bingung bagaimana merangkum cerita nya tanpa membuat ada nya spoil bagi yang belum menyaksikan.Bagi penggemar cerita detektif, tentu tahu bahwa semakin sedikit yang diketahui, semakin asyiklah sebuah film untuk diikuti.Namun secara garis besarnya, dengan jangkar kasus pembunuhan aneh ( bila tak bisa dikatakan sinting ) dari seorang pelacur, TD juga bercerita tentang pengembangan karakter dan interaksi antara dua orang detektif yang mempunyai sifat saling bertolak belakang.Dimana kisah keluarga dibelakang mereka masing-masing mempengatuhi hubungan antara dua orang partner tersebut dalam menelusuri petunjuk-petunjuk dari kasus tersebut yang ternyata tidaklah sesimpel yang mereka bayangkan dan semakin jauh malahan menjadi semakin membingungkan.
            Nick Pizolato sebagai creator nya patut diacungi jempol karena dapat membuat sebuah naskah yang sangat solid dari awal sampai akhir.Dengan cerdasnya memberikan alur maju mundur, membuat TD menjadi sebuah tontonan yang memberikan sedikit demi sedikit kepingan-kepingan yang nantinya akan memberikan konklusi akhir bagi pentonton.Cara penyampaian ini efektif membuat penonton terus menerus penasaran mengikuti kisah perjalanan dua detektif ini.Dalam setiap episode nya, fakta-fakta yang di ungkap diberikan dalam porsi yang boleh dikatakan minim namun anehnya tetap mampu membuat kita sebagai penonton terus menerus terikat dan haus akan fakta-fakta berikutnya.
            Berjalan beriringan bersama pengembangan kasusnya, tak lupa Nic juga memberikan porsi yang seimbang bagaimana kehidupan mereka dibalik pekerjaan mereka.Dimana Marty adalah seorang pria yang sepertinya seorang tipikal Family Man yang biasa ada dimasyarakat, bahagia dengan dua putrid yang cantik, namun sebenarnya dibalik itu tidaklah sebaik yang terlihat.Dan Rust, yang diperankan dengan sangat brilian oleh McConaughey ( sepertinya ini adalah tahun yang hebat bagi dirinya dan kariernya), seorang detektif dengan kepribadian kelam yang menyimpan kesakitan luar biasa karena ditinggal mati oleh dua putrinya.Dapat dikatakan, Rust adalah tokoh utama dari serial ini yang gerak-geriknya sangat misterius namun sangat sulit untuk tidak bersimpati kepada dirinya.
            Merangkum 8 episode dengan durasi 1 jam per episode nya memang sedikit sulit untuk disampaikan dalam sebuah tulisan yang pendek.Namun secara garis besar, kehebatan dari serial ini adalah, akting luar biasa dari seorang McConaughey sebagai Rust Cohle yang membuat kita semua jatuh cinta kepada kemisteriusannya, dan kepintaran Nic Pizolato dalam memberikan umpan-umpan fakta dalam setiap episode nya, yang dalam kenyataannya membuat banyak sekali teori-teori yang bermunculan yang membuat hype dari serial ini menjadi sangatlah besar dan Dialog-dialog kelas berat yang menghiasi hampir semua adegan didalam serial ini membuat TD menjadi sebuah tontonan yang sangat berkelas.
            Namun TD bukanlah sebuah serial yang sesempurna yang dibicarakan oleh banyak orang, karena bagaimanapun, alur lambat yang di pilih oleh sang creator dapat berpotensi besar membuat penonton yang tidak cocok akan menyerah ( saya sendiri hampir menyerah ).Dan bagi yang berharap akan sebuah twist-twist ending yang luar biasa, mungkin akan gigit jari , karena mungkin penyelesaian yang diberikan oleh TD tidaklah sebombastis yang diharapkan dari awalnya.
            So, saya tidak akan memungkiri bila TD adalah sebuah serial berat yang memang dikerjakan dengan sangat rapi dan matang.Cast nya terutama McConaughey juga bermain dengan sangat gemilang.Tak lupa saya katakana bahwa sinematografinya juga termasuk sangat bagus untuk ukuran sebuah serial televise.Namun dengan alur yang lambat dan sedikit ketidakpuasan saya akan konklusi nya, membuat saya tidak dapat memberikan nilai yang sempurna untuk serial ini.But, it’s Worth to Try.

4 komentar:

Arif Sidy mengatakan...

Hampir sama sih. Sebelum nonton ekspektasi saya sudah berpikir bakalan banyak twist sinting sejak pilotnya. Tapi ternyata straight-forward. Anyway, salam kenal juga. Blognya sudah saya taruh di blogroll list.

novry mengatakan...

thank you Rif..

Blog nya mu udah aku taruh juga di blogroll ku..

lagi nyobain utopia jg nieh haha

Vimax Original Solusi Pria Perkasa mengatakan...

artikelnya sangat membantu gan thanks for sharing :)

Mimi Hamada mengatakan...

Ini gak sempat2 nonton dari kemaren...

Pecinta Bola Gabung di Sini

Nonton Bola Makin Seru Sama Kita

Prediksi Slovenia VS Macedonia 24 Maret 2016

Prediksi Kroasia VS Israel 24 Maret 2016

Prediksi Romania VS Lithuania 24 Maret 2016

Prediksi Polandia VS Serbia 24 Maret 2016

Prediksi Silkeborg VS Vendsyssel 24 Maret 2016

Prediksi Ponte Preta VS Mogi Mirim 24 Maret 2016