Selasa, 25 Maret 2014

Serial UTOPIA : Season 1 : One of New Serial that you must See




Bicara tentang pengalaman ekspektasi menonton sebuah serial memang beraneka ragam.Ada serial yang awalnya diremehkan  namun kemudian justru tak disangka-sangka mampu menarik hati dan membuat ketagihan seperti How I Met Your Mother dan Lie To Me.Ada juga yang membuat saya memasang ekspektasi sangat tinggi, namun kemudian berakhir dengan errr..tidak sedahsyat yang dibayangkan dan harus mengerahkan tenaga sekuat mungkin untuk menyelesaikan setidaknya satu season ( Chuck, The Walking Dead, Breaking Bad ), Namun ada juga serial yang memang telah saya bebankan dengan ekspektasi sangat tinggi, dan hasilnya ? tetap saja mampu membuat terkagum-kagum dan membuat saya tak bosan untuk menyaksikannya kembali berkali-kali.LOST, Game Of Thrones, dan Sherlock : BBC adalah contohnya. Kini, dari salah satu postingan teman sesame Blogger dari www.satukursibioskop.blogspot.com (thanks Arif), saya mencoba menjajal salah satu serial baru keluaran BBC ( stasiun televisi yang juga menayangkan Sherlock) berjudul Utopia, dan for the Note, saya menempatkan ekspektasi yang sangat tinggi kepada serial ini karena banyak nya review yang sangat positif, hasilnya ? Ya, Utopia adalah salah satu serial baru yang harus anda saksikan dan definitely one of 2013 best serial.Let’s Check it out.
            Dari sebuah miling list penggemar komik, sekumpulan member, yang terdiri dari perwakilan berbagai usia, gender bahkan pekerjaan, berkumpul membahas sebuah komik yang berjudul Utopia yang baru mengeluarkan edisi pertamanya.Tanpa disangka-sangka ternyata salah satu member tersebut mempunyai Draft untuk edisi berikutnya yang belum pernah dipublikasikan ke umum.Terang saja penawaran dari salah satu member tersebut untuk berbagi langsung disambut gembira oleh para member lain.Masalahnya adalah, Member tersebut kemudian ditemukan tewas esok harinya.Dan para member lain diantaranya, Ian (seorang IT ), Wilson (seorang yang percaya teori konspirasi), Becky ( an ordinary Girl) , Grant (a Boy) harus mendapatkan bahwa mereka terseret dalam sebuah persoalan rumit yang dapat membuat mereka kehilangan nyawa mereka kapan dan dimana saja, dan semua itu bersumber kepada isi dari manuskrip komik Utopia tersebut.
            Sebelum saya lupa, pertama-tama saya akan memberikan dulu pujian kepada aspek visual dalam serial ini.Utopia punya standar tampilan visual yang sangat-sangat tinggi untuk ukuran sebuah serial.Karena saya tak cukup paham akan bahasa-bahasa teknis (taunya sinematografi doang) maka akan saya coba jelaskan lewat sebuah bahasa awam.Tampilan visual di serial ini sangat memanjakan mata, sinematografi nya cakep-cakep.Baik diluar ruangan seperti pemandangan di pedesaan, dll, maupun didalam ruangan, lewat sudut penempatan kamera yang bisa menghasilkan gambar yang tidak biasa, ataupun penggunaan efek Blur yang kontrast antara background dan Foreground nya ( duh norak banget ya penjelasannya  :d ).Selain itu faktor pencahayaan dan pemilihan tone ( Dominan Kuning) dalam serial ini pun tidak ketinggalan dalam memanjakan mata para penonton.Utopia adalah sebuah serial thriller namun disajikan dengan tone yang gemerlap.Dan ternyata perpaduan itu berhasil di blend dengan natural dan menghasilkan sebuah tontonan yang memanjakan mata, tapi juga menggelitik telinga dengan scoring nya yang terkesan nyentrik, awkward,tapi anehnya terasa cocok didengar.Dan oh ya, serial ini juga banyak menampilkan adegan yang sedikit sadis, namun ditampilkan dengan artistic yang hasilnya membuat kita yang menonton menjadi miris dan sedikit bergidik ( terkadang tersentak kaget ).
            Visual ok, bagaimana dengan yang lain ? , Dimulai dari adegan pembukaan yang langsung menghentak, tanpa basa-basi, Utopia langsung tancap gas dengan pace yang kencang.Seperti menaiki mobil, dalam hentakan pertama, Kita langsung dibawa dalam kecepatan tinggi.Dennis Kelly sang creator (baru sekali ini tau tentang nama ini ) sepertinya tau kapan harus melambatkan kecepatan untuk memberi kesempatan untuk sedikit bernafas dan kemudian menempatkan kembali kecepatan di angka yang tinggi.
            Apa yang anda harapkan dari sebuah kisah thriller ? yang paling utama tentu adanya twist yang berlapis-lapis yang selalu membuat anda terkagum-kagum bukan ? Utopia punya itu.Tidak ketinggalan Twist besar yang akhirnya diungkap pada penutupan season yang membuat semua orang menanti-nanti apa yang akan terjadi di season 2 nantinya.
            Lets make a check point.Sinematografi ? Check.Adegan pembuka yang bikin penasaran ? Check.Pacing yang cepat tanpa  bertele-tele ( *uhuk True Detective) ? Check.Karakter-karakter  yang Unik ? Check.Twist berlapis-lapis ? Check.Adegan sadis namun artistic ? Check.dan ditambah Scoring yang unik namun asyik sebagai bonusnya.Utopia benar-benar sebuah kejutan besar yang tak disangka-sangka hadir dan masuk dalam must wact List saya di 2014 ini.
            Karena ini serial keluaran British, tak satupun pemerannya yang pernah saya ketahui sebelumnya.Namun hampir semua nya bermain dengan baik.Kalaupun harus memilih siapa yang paling mencuri perhatian, saya akan memilih Arby (silahkan tonton sendiri untuk tahu siapa Arby)
            Saya tak ragu untuk merekomendasikan serial ini bagi para penggemar serial thriller dengan pacing yang tinggi.Utopia adalah sebuah serial yang padat berisi dan akan membuat anda jatuh cinta semenjak adegan pembukaannya, dan sehabis menyaksikan episode awalnya, mungkin anda akan seperti saya yang selalu terngiang-ngiang kalimat " Where is Jessica Hyde ? "

Note : David Fincher akan me remake serial ini untuk pasar Amerika.

3 komentar:

Arif Sidy mengatakan...

Ah iya kelupaan scoring nya itu kayak ada pengaruh sm yang dibuat Trent Reznor di Social Network.

novry mengatakan...

dulu pernah nyobain social network tapi ga selesai haha..scoringnya utopia emang kerasa akward banget tapi catchy..

Mimi Hamada mengatakan...

what?? The Walking Dead gak bagus??? Wahhhh.. beda selera kita berarti bro..


Pecinta Bola Gabung di Sini

Nonton Bola Makin Seru Sama Kita

Prediksi Slovenia VS Macedonia 24 Maret 2016

Prediksi Kroasia VS Israel 24 Maret 2016

Prediksi Romania VS Lithuania 24 Maret 2016

Prediksi Polandia VS Serbia 24 Maret 2016

Prediksi Silkeborg VS Vendsyssel 24 Maret 2016

Prediksi Ponte Preta VS Mogi Mirim 24 Maret 2016