Kamis, 18 Juli 2013

STOKER (2013)





                   Bagi yang suka dengan film serial, mungkin pernah menonton film serial Prison break dengan center cerita berkisah tentang usaha pelarian dari seorang narapidana jenius bernama Michael scofield.Nah, sang aktor yang berhasil memerankan scofield menjadi seorang sosok yang sangat dan charming ini, ternyata dalam dunia nyata juga punya kemampuan untuk menulis naskah, dikarenakan kecintaanya kepada almarhum Hitchcok, ia membuat sebuah naskah cerita yang di inspirasikan juga dari sebuah karya sang legenda – Shadow of Doubt.Sempat masuk ke dalam daftar “Black List A” tahun 2010, Wenworth Miller akhirnya dapat melihat karyanya  ditelurkan menjadi sebuah karya film.
           
Di satu sisi, ada seorang sutradara legenda juga yang berasal dari negeri ginseng bernama Park Chan Wook, namanya dikenang melalui film-film bertema pembalasan dendam, yang di antaranya adalah trilogi Vengeance.Dan puncak maha karyanya adalah salah satu film dari  trilogi tersebut yang berjudul Old Boy Yang sampai saat ini dianggap salah satu bahkan mungkin film terbaik yang pernah ditelurkan oleh industri film negeri ginseng.Begitu fenomenal nya film ini sampai akhirnya Hollywod akhirnya membeli hak cipta untuk membuat versi remake nya dengan judul “Red Band”.Balik lagi ke Park, Stoker adalah debut perdananya didalam film berbahasa inggris, dengan sebuah naskah yang (diperkirakan) brilian,bagaimana hasil dari stoker ?
            India (Mia Wasikowska) adalah seorang wanita remaja yang baru saja berusia 18 tahun, berbeda dengan banyak anak-anak seusianya, ia adalah seorang anak yang sangat introvert, dalam arti sangat anti sosial.Praktis hanya ayahnya lah yang sangat mengerti akan siapa dirinya.Masalahnya adalah sang ayah baru saja meninggal sesaat setelah India merayakan ulah tahunnya yang ke 18.Didalam kedukaan yang mendalam, India yang kini hanya hidup bersama ibunya Evelyn (Nicole Kidman),kedatangan seorang sosok baru dalam kehidupan mereka dalam bentuk seorang pria sangat misterius  yang mengaku adalah adik dari sang ayah yang bernama Charlie (Matthew Goode).
            Pelan-pelan sang uncle masuk ke dalam kehidupan dua ibu dan anak yang masih dalam keadaan labil ini.Namun di sisi lain, sejak kedatangannya, berbagai macam kejadian misterius juga terjadi di sekeliling mereka keluarga yang abnormal ini.Siapa sebenarnya sang paman ? dan apa yang di sembunyikannya selama ini sampai ia memutuskan tiba-tiba muncul dalam kehidupan India?.
            Sebelumnya jujur saya sempat ragu untuk mencoba menjajal stoker, karena banyak sekali sentimen negatif yang mengiringi kemunculan film ini, apalagi ditambah ketika seorang sahabat yang mengatakan bahwa dia hanya sanggup menyelesaikan setengah dari film ini karena merasa kebosanan, semakin ragu lah saya untuk menjajal karya abnormal ini.
            Setelah end credit bergulir, saya barulah mengerti mengapa ada banyak suara yang sumbang , namun tak sedikit juga suara yang memuji-muji kebrilianan film ini.Semua tergantung cara memandang Stoker.Suara pertama akan mengatakan bahwa stoker adalah sebuah karya kosong penuh kebosanan  yang mencoba mempercantik diri dengan tampilan visual yang cantik.Sedangkan suara kedua akan mengatakan bahwa walau naskah dari stoker ini cenderung lemah dan tidak mengejutkan (seperti karya Park chan wook sebelumnya , khususnya- Old Boy), tapi Park berhasil mengemas film ini dengan sebuah tampilan pernceritaan yang sangat menarik, dibalut dengan tampilan visual super cantik yang akhirnya mampu membawa dan menyihir penontonnya kedalam aroma thriller horor yang sangat berkelas, and which is very good.
            Saya sendiri sepakat dengan suara yang kedua, karena dari awal dimulainya cerita tentang diri India, jujur saya sangat meyukai tampilan visual dan scoring yang sangat-sangat intim mengajak para penonton untuk ikut menyelami dunia kepribadian si India.Dengan latar-latar yang praktis sangat biasa, Park mampu menampilkan gambar-gambar yang sangat menawan dan penuh ke artistikan yang membuat kita terus penasaran mengikuti transisi adegan demi adegan, walau terkesan sangat lambat dalam bertutur.
            Stoker memang sebuah film seni, sehingga mungkin tak banyak bisa dinikmati oleh semua orang, namun sebagai sebuah karya seni, Park chan wook menunjukkan bahwa dia bukanlah seorang seniman kacangan yang mau bermain aman untuk membuat karya-karya normal yang diharapkan dapat meraih hati penonton kebanyakan.Dengan resiko sebagai debut perdananya dalam film berbahasa inggris, Park berani untuk tetap mempertahankan ciri khas dalam bertutur dengan banyak metafora dan adegan yang disturbing sepanjang film.
            Disisi lain, walau banyak yang menganggap naskah stoker adalah naskah garing yang telah banyak diproduksi sebelumnya, saya justru melihat Stoker adalah sebuah karya brilian tentang penggambaran seorang individu dalam pencarian jati dirinya, dimana didalam kasus ini adalah penitikberatan pada karakter India.Entah memang ini yang dimaksudkan oleh Wenworth ketika membikin naskah, ataukah karena kejeniusan Park memoles naskah tersebut, namun stoker bukanlah sebuah karya horor chessy yang banyak beredar,melainkan sebuah karya unik yang mampu bercerita dengan indah dan detail tentang bagaimana sebuah pribadi dapat terbentuk karena faktor-faktor yang berada di sekelilingnya.
            Overall, Berkat penampilan luar biasa dari Mia wasikowska yang ditopang oleh Matthew Goode dan Nicole Kidman yang juga bermain apik, dalam sebuah karya thriller tentang pembentukan karakter seseorang dibalut dengan tampilan visual dan scoring yang sangat-sangat indah, Park Chan wook memperkenalkan dirinya ke dunia perfilman barat dengan cara yang sangat elegan.Keren...

8 komentar:

Anonim mengatakan...

numpang nanya dong...di mana ya bisa download film old boy itu? gua cari dvd nya susah banget nemunya.

novry mengatakan...

coba di torr*nt
dulu ketemu nya disitu sih hehe..dvd nya emang susah nyari nya

Anonim mengatakan...

ok..thanks nov..

Luthfi Prasetya Putra mengatakan...

Halo, Review-Luthfi mengundang kamu untuk mengikuti Liebster dan Sunshine Awards. Kamu bisa cek postingan gue: http://review-luthfi.blogspot.com/2013/08/liebster-award-dan-sunshine-award.html. Terima kasih dan selamat bersenang-senang.

Imam Wahyudiyanta mengatakan...

salam kenal, sekalian tuker link donk, wismacinema.blogspot.com

Imam Wahyudiyanta mengatakan...

Hallo, salam kenal. wismacinema.blogspot.com merekomendasikan kamu untuk mengikuti Liebster & Sunshine Award. Cek postingan saya : http://wismacinema.blogspot.com/2013/08/liebster-award-sunshine-award.html. Mari kita bersenang-senang

Imam Wahyudiyanta mengatakan...

Siap bro, link juga udah kepasang. Emang tinggal di mana, bro? ato lagi tugas?. Kita sehati bro, sama-sama suka Celine Dion. He he he

alittlebitofbrain mengatakan...

One of my favorite movies of 2013.

Walaupun terkadang terlalu shallow, tapi suka sinematografi dan stylishnya.....